RSPON– Bertepat pada hari Kamis 29 September 2022, di ruang Studio Mini Lantai 12 Gedung B, diselenggarakan acara Talk Show untuk masyarakat awam dengan tema talkshow “Meningitis Tuberkulosis”. Acara talk show diselenggarakan dalam rangka memperingati hari  Hari Paru Sedunia dan Hari Apoteke Sedunia yang diperingati pada tanggal 25 September.

Dalam acara talkshow turut menghadirkan pembicara antara lain: dr. Windi Novriani Dwiastiti, Sp.P, dr. Adisresti Diwyacitta, Sp.S, dan apt. July, S.Si dipandu dengan apt. Fransisca Dhani Kurniasih, M. Farm. Dalam acara talk show, dr. Windi Novriani Dwiastiti, Sp.P menyampaikan bahwa penderita Tuberkulosis dapat sembuh dengan cara mengikuti aturan penggunaan obat yang sesuai anjuran dokter. Dengan diadakannya acara talkshow, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya dari penyakit Tuberkulosis dan dapat mendukung program pemerintah yaitu 2030 Indonesia bebas dari tuberkolosis.
(A.n Humas)

RSPON– Pada hari Senin, 05 September 2022, bertempat di Ruang Nakes lantai 13 Gedung B Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, diselenggarakan kegiatan bimbingan Akreditasi Rumah Sakit oleh Pembimbing dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Kegiatan bimbingan akreditasi ini dibagi kedalam 3 kelompok bimbingan, yaitu tanggal 5 September 2022-07 September 2022 Pokja Pendidikan dalam Pelayanan Kesehatan (PPK), Akses dan kontinuitas Pelayanan (AKP), Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP), Pengkajian Pasien (PP), Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), dan Program Nasional (PN) dengan pembimbing dr. Henry Boyke Sitompul, Sp.B, FICS, pada tanggal 12 September 2022-14 September 2022 Pokja Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS), Kualifikasi dan Pendidikan Staf (KPS), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO) dengan pembimbing Dr. dr. Meliana Zailani, MARS, FISQua, dan pada tanggal 19 September 2022-21 September 2022 Pokja Manajemen Rekam Medik dan Informasi Kesehatan (MRMIK), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), Komunikasi dan Edukasi (KE), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) dengan pembimbing Rumondang Panjaitan, S.Kp, M.Kep. acara bimbingan Akreditas ini dibuka oleh Plt. Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta dr. Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC, MARS, dengan didampingi Direktur SDM, Pendidikan dan Umum, Dr. dr. Andi Basuki Prima Birawa, Sp.S (K), MARS. Diharapkan dengan adanya persiapan bimbingan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit Rumah (KARS), Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta dapat mendapatkan hasil akreditasi secara Paripurna, dan akan senantiasa terus meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
(Ruly Humas)

RSPON– Pada hari Senin 18 Agustus 2022, bertempat di Lantai 6 Gedung A Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, diselenggarapakan Edukasi dan Promosi Layanan RSPON untuk Keluarga Penunggu Pasien Ruang Rawat Inap Lantai 6, dengan menghadirkan tema mengenai “Edukasi Penanganan Pertama pada Pasien Kejang” yang dibawakan oleh Ertanti Rizky Nur Rachmah, S.Kep., Ners, “Edukasi Penanganan Kejang pada Anak dengan Epilepsi dan Aturan Minum Obat Epilepsi” Oleh Citra Rahmadini, S.Kep., Ners, “Edukasi Diet pada Pasien Post Operasi Tumor Otak” oleh Anggita Marlinda S, S.Gz, “Edukasi Home Program Pada Pasien dengan Gangguan Neurologis dan Promosi Layanan Neuro Daycare RSPON” oleh Wina Widiatul Hikmah, F.Tr . Diharapkan dengan adanya edukasi dan promosi ini mampu memberikan informasi dan menambah wawasan kepada masyarakat Indonesia pada umumnya, dan keluarga penunggu pasien pada khususnya.
(Ruly Humas)

RSPON– Pada hari Selasa 12 Agustus 2022, bertempat di Ruang Rapat Lantai 11 Gedung B Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, diselenggarapakan Workshop Genomik dengan narasumber dari Institut teknologi Bandung (ITB) . Workshop diselenggarakan selama 3 hari, mulai dari Senin- Sabtu, 11-13 Agustus 2022. Pada Workshop hari ini, materi disampaikan mengenai Teknik-teknik Diagnostik Molekuler, PCR dan qPCR, Premier Design, dan Akses Gen Data Bank/NCBI serta Marka Molekuler, dengan narasumber yaitu Dr. Indra Wibowo dan Dr. Husna Nugrahapraja. Peserta yang mengikuti Workshop ini yaitu berasal dari Internal Rumah Sakit berjumlah 16 orang yang berasal dari berbagai Unit/Instalasi yang terkait. Diharapkan dengan adanya workshop ini, dapat meningkatkan SDM pelayanan, khususnya yang terkait dengan Genomik.
(Ruly Humas)

RSPON– Pada hari Senin 08 agustus 2022, bertempat di Lantai 11 Gedung B Rumah Sakit Pusat Otak Nasional prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, diadakan Pemberian Vaksin Covid-19 Booster Ke 2 untuk Pegawai di Lingkungan Rumah Sakit, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta. Pelaksanaan Pemberian Vaksin Covid-19 Booster ke-2 dilaksanakan selama dua hari yaitu dari 8-9 Agustus 2022 pukul 08:00-14:00 WIB, dengan jumlah peserta vaksin dihari pertama 140 Peserta, dan hari kedua 140 peserta, total 280 peserta penerima Vaksin Covid-19 Booster ke-2. Peserta yang sudah dijadwalkan, dapat mengecek tiket penerimaan Vaksin Booster ke-2 diaplikasi Peduli Lindungi. Peserta yang sudah mendapatkan tiket tersebut, dapat menuju meja pendaftaran, untuk kemudian didaftarkan oleh petugas. Tahap selanjutnya, peserta dilakukan pemeriksaan Kesehatan,tensi dan screening oleh dokter. Apabila lulus dari pemeriksaan kondisi Kesehatan oleh dokter, dapat melanjutkan ke penyuntikan vaksin booster ke-2. Peserta yang sudah disuntik, ke meja akhir yaitu pemeriksaan/pemantauan kondisi peserta selama kurang lebih 30 menit. Peserta yang sudah menerima vaksin dan kondisinya baik, dapat kembali beraktivitas. Diharapkan dengan adanya pemberian Vaksin Covid-19 Booster ke-2 ini mampu menambah kekebalan imunitas bagi para pekerja tenaga kesehatan, sehingga dapat mampu melayani para pasien yang berobat ke rumah sakit.
(Ruly Humas)

RSPON– Jumat, 5 Agustus 2022 Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta mendapatkan kunjungan dari RSD Gunung Jati Kota Cirebon dalam rangka konsultasi penyusunan DED Gedung Pelayanan Stroke Center dan Neuro Intensif. RSD Gunung Jati Kota Cirebon diwakili oleh Dr. Katibi, MKM (Direktur), Nana Herdiana, SKM Msi (Wakil Direktur Penunjang dan Pengembangan), dr Djaka Rahardja (Sub Koordinator Pelayanan Medis) dan beserta jajaran yang diterima langsung oleh Plt. Koordinator Kelompok Substansi SDM dan Pendidikan, Koordinator Kelompok Substansi Pelayanan Medik dan Keperawatan, Koordinator Kelompok Substansi Pelayanan Penunjang beserta jajarannya.

Dalam pertemuan ini diharapkan masing-masing pihak RSD Gunung Jati Kota Cirebon maupun Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta mendapatkan manfaat dan dapat ditindaklanjuti dengan penjajakan perjanjian kerjasama.
(T.A- Humas).

RSPON– Pada hari Selasa dan Rabu, 26-27 Juli 2022, bertempat di Aula lantai 16 Gedung B Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta diadakan workshop pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) bagi Karyawan internal Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta. Adapun materi pelatihan yang disampaikan yaitu Pelayanan Prima yang disampaikan oleh Koordinator Kelompok Substansi Organisasi dan Umum dr. Febindra Eka Widisana, MKM, Kewaspadaan Isolasi oleh dr. Sasmayani Eko Winanti, Sp.P , Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan Pegawai oleh Umi Kulsum, SKM, Cuci Tangan dan Penerapan HH 5 Moments oleh Suci Fatimah Kendarti, Skep, Ners, APD oleh Mariska Iriyanti, S.Kep., NERS, Mikrobiologi oleh dr. Endang Rahmawati, Sp.MK, Penanganan Peralatan Medis dan Linen oleh Wahyu Widawati, SKM dan Penatalaksanaan Gizi oleh Fatma Silviani, S.Gz/ Sheila Octavia, S.Gz. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan setiap individu pegawai memiliki tingkat kesadaran untuk menjaga kebersihan guna menghindari terjadinya penularan infeksi dari satu individu ke individu lainnya, dan juga tidak lupa dimasa pandemic covid-19 saat ini untuk tetap melaksanakan protocol 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas dan interaksi.
(Ruly Humas)

RSPON– Pada hari Rabu, 13 Juli 2022, bertempat di Studio Mini RSPON lantai 12 Gedung B dan Ruang Rapat lantai 11 Gedung A, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta menyelenggarakan Webinar “Transformasi Layanan Stroke di Indonesia” dengan menampilkan Welcome Speech Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Bapak Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, dan Narasumber Plt Direktur Utama RSPON dr. Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC, MARS yang menyampaikan materi “Pengembangan Layanan Stroke di Indonesia”, dr. Indah Aprianti Putri, Sp.S, M.Sc dengan materi “trombolisis Sebagai terapi Utama Stroke Iskemik Akut, dr. Ricky Gusanto Kurniawan, Sp.S, FINR dengan materi “Pelayanan Neurointervensi Pada Stroke” , dr. Muhammad Kusdiansah, Sp.BS dengan materi “Pelayanan Intervensi Bedah Pada Stroke, Ibu MG. Enny Mulyatsih, M.Kep, Sp. KMB, serta dipandu moderator dr. Reza Aditya Arpandy, B.MedSc, Sp.S.

Dalam sambutannya, Bapak Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU menyampaikan tiga pesan yaitu pertama Agar semua Rumah Sakit Vertikal menjadi Rumah Sakit terbaik di bidangnya baik di lingkup asia maupun skala Internasional, Kedua, semua Rumah Sakit di Indonesia, di pimpin oleh Rumah Sakit Vertikal, tidak hanya berfokus dalam melayani, tetapi juga berfokus pada penelitian di bidangnya agar tercapai tujuan yang pertama. Rumah sakit harus melakukan penelitian praktis yang paling maju dibidangnya. Serta yang ketiga Rumah Sakit Vertikal harus mampu membina atau menjadi pengampu untuk seluruh Rumah Sakit di Indonesia, sesuai dengan bidangnya masing-masing. Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, sebagai rumah sakit vertikal harus mencapai 3 hal tersebut. Rumah sakit wajib memperhatikan pelayanan kepada masyarakat, seperti antrian pendaftaran, klinik BPJS, kualitas makanan, keramahan dokter dan suster, kerapihan seragam pegawai, kebersihan WC, hingga kondisi lingkungan parkir tidak luput dari amanat Bapak Menteri Kesehatan untuk dapat di perhatikan.

Dipenghujung acara, Bapak Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-8 untuk Rumah Sakit Pusat Otak Nasional prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, semoga di setiap penambahan umur Rumah Sakit, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta dapat menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya dan terus berinovasi di bidang otak dan persarafan.
(Ruly Humas)

RSPON– Senin 12 Juli 2022, dalam rangka HUT Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta yang ke-8 mengdakan kegiatan bakti sosial ke Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3. Dalam kegiatan tersebut Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta membawa “oleh-oleh” untuk warga Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3. Secara simbolis “oleh-oleh” tersebut diberikan oleh dr. Asnelia Devicaesaria, Sp.S (Perwakilan Panitia HUT RSPON) diberikan kepada Ibu Ochi (Perwakilan Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3.

Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 yang terletak di Jl. Margaguna Raya No. 1 RT 011 RW 001 Kelurahan Gandaria Selatan, Kecamatan Cilandak, Kota Administrasi Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta. Panti ini memiliki kapasitas 285 orang Warga Binaan Sosial (WBS) serta Sasana Tresna Werdha (STW) Budi Mulia 3 Centex yang beralamatkan di Jalan. Centex Raya Rt/Rw. 001/03 No. 1, Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur dengan kapasitas 35 orang Warga Binaan Sosial (WBS) dan Sasana Tresna Werdha (STW) Budi Mulia 3 Dukuh 5 yang beralamatkan di Jalan. Dukuh 5 Rt/Rw. 009/03 Kelurahan Dukuh, Kecamatan Keramatjati, Jakarta Timur dengan kapasitas 30 orang Warga Binaan Sosial (WBS). Total kapasitasnya adalah 350 orang Warga Binaan Sosial (WBS).
(T.A- Humas).

RSPON - RSPON- Pada hari Rabu hingga Jumat 18-20 Mei 2022 Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta melaksanakan kegiatan workshop Komunikasi Efektif yang ditunjukan untuk internal karyawan Rumah Sakit, terutama yang bersentuhan langsung kepada pelayanan masyarakat. Adapun Workshop Komunikasi Efektif ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit kepada masyarakat. Workshop Komunikasi Efektif dilakukan secara daring Zoom Meeting, dan dibuka oleh Direktur SDM, Pendidikan dan Umum Dr. dr. Andi Basuki Prima Birawa, Sp.S (K), MARS dengan moderator acara Ibu Dra. Siwi Wresniati, M.Si. Adapun materi yang disampaikan diacara tersebut yaitu mengenai Pengantar Standar Komunikasi dan Edukasi (KE) dalam Standar Akreditasi Kemenkes, Komunikasi Efektif secara Umum, Komunikasi Efektif SBAR (Situation, Background, Assessment, and Recommendation), Pelaporan Hasil Kritis, TBaK (Tulis, Baca Konfirmasi) dan Pendokumentasiannya, Handling complaints, Budaya Pelayanan Prima, Discharge Planning, dan Sosialisasi Pokja Akreditasi.
(Ruly Humas)

Next